Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harga dari suatu produk (P), ditentukan oleh keseimbangan antara tingkat produksi pada harga tertentu (yaitu penawaran: S) dan tingkat keinginan dari orang-orang yang memiliki
kekuatan membeli pada harga tertentu (yaitu permintaan: D). Grafik ini memperlihatkan adanya peningkatan permintaan, dari D
1 ke D
2, seiring dengan peningkatan harga dan kuantitas (Q) produk yang terjual.
Teori
penawaran dan permintaan (
bahasa Inggris:
supply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu
barang.
Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisa
ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu
pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah
keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
3 komentar:
salam,
blog ibu bagus. cuma header diatas kalau bisa dibuang dulu text nya, kan gak nyambung ya... dalam hal memposting, bila hasil copas jangan lupa cantumkan sumbernya. trus di edit dulu, biar keliatan profesional. hehe.
salam
ya bapak namanya baru belajar....ok tengkiu masukannya.. :D
assalamualaikum,,,??
blognya menarik buk,,,
tentang bencana yg terjadi di mentawai,,,
buk tambah lagi donk foto bencananya,,,supaya lebih menarik untuk melihatnya...heheheh
wassalamualaikum,,,
Posting Komentar